Selamat Malam | 8 Cara asik mengatasi susah tidur

Fikipedia – Sebelum menuju ke cara acaranya. Alangkah baiknya teman-teman mengetahui terlebih dahulu mengenai Gejala susah tidur ini. Apakah Gejala susah tidur penyakit?, Apakah Gejala susah tidur Sindrom?, Apakah Gejala susah tidur berbahaya?, Gejala gejala susah tidur, Hingga cara mengatasi Gejala susah tidur. 

Dikutip dari Alodoc, Gejala susah tidur yang muncul sesekali mungkin bisa dianggap wajar. Namun, tidak demikian halnya bila gejala susah tidur ini berulang sangat sering dan dalam jangka waktu lama. Efek yang dapat diakibatkan karena gejala ini antara lain terganggunya siklus tidur-bangun (ritme sirkardian) pada seseorang. Jika ritme sirkardian ini sudah mulai terganggu, maka dapat mengakibatkan gejala gejala lainnya seperti nyeri kepala, sesak napas, dan jantung berdebar-debar. Keluhan ini bisa muncul karena meningkatnya produksi hormon stres yang mempengaruhi kerja beragam sistem organ akibat kurang tidur. Tidak hanya karena pengaruh insomnianya, beragam keluhan Anda bisa pula terjadi karena pencetus lain, misalnya dispepsia, alergi, asma, gangguan jantung, bronkhitis, infeksi, tumor otak, gangguan hormon, gangguan cemas berlebih, gangguan psikosomatis, dan sebagainya.

Sangat banyak pemicu dari gejala susah tidur ini. Misalnya saja seringnya begadang mengerjakan tugas di malam hari, terlalu lama dalam melakukan tidur siang, Suhu ruangan yang kurang cocok, masalah emosional, dan bisa saja terjadi karena salah satu efek dari obat-obatan tertentu. Untuk mengatasinya berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi susah tidur.

1. Minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh


Pada saat kalian tidak dapat tidur, cobalah mengambil minuman hangat misalnya saja membuat susu hangat, membuat the hangat, atau minum air sari jahe. Minuman hangat dapat membuat perasaan lebih tenang dan lebih relax. Sehingga anda dapat lebih cepat terlelap.

2. Mandi dengan air hangat

Pada saat badan kotor karena beraktifitas pastinya kita akan lebih susah untuk tidur nyenyak. Mandi dengan air hangat dapat menjadi alternatif jika anda sedang kesulitan untuk tidur malam. mandi dengan air hangat dapat membantu membuat tubuh lebih relax dan dapat mengurangi rasa lelah sehingga tidur bisa menjadi lebih berkualitas. 

3. Hindari minum kopi

Kaum senja yang suka ngopi akan sangat kebertan dengan cara ini. Namun bagaimanapun kopi memang mempunyai caffein yang dapat membuat rasa kantuk hilang dengan cara menstimulasi sistem metabolisme dan sistem saraf pusat tubuh Anda sehingga Anda pun merasa lebih bertenaga, tidak mengantuk, dan meningkatkan konsentrasi. Oleh karena itu hindari meminum kopi jika kalian ingin lebihi cepat tidur.

4. Melakukan terapi pernafasan

Cara mengatasi  susah tidur selanjutnya adalah dengan relaksasi, agar tubuh dan pikiran lebih santai. Coba latihan pernapasan di bawah ini sebagai langkah agar Anda tidak lagi kesulitan untuk tidur:
  • Tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4
  • Tahan napas Anda selama tujuh hitungan
  • Lalu embuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan
  • Ulangi sebanyak tiga kali
Selain itu, catat di kertas tentang hal-hal yang Anda pikirkan. Misalnya, agenda kegiatan yang harus dilakukan besok atau tugas-tugas yang belum terselesaikan.

5. Melakukan olahraga ringan

Berjalan-jalan di sekitar ruang tidur ke ruang tamu akan membuat suasana baru di pikiran kalian. Sembari jalan jalam kalian juga dapat melakukan olahraga ringan seperti melakukan peregangan untuk mengalihkan anda dari pikiran pikiran jenuh. Carilah hal menyenangkan yang tidak ada di Kasur kalian. Jika kalian sudah merasa sedikit lega, maka kembalilah ke Kasur kalian dan cobalah untuk tidur.

6. Memutar Podcast dan Nada pengantar tidur

Untuk memudahkan tidur kita, cobalah memutar nada-nada pengantar tidur. Anda bisa memutar lagu di spotify, youtube, soundcloud, dan platform music lainnya. Musik yang biasa digunakan untuk pengantar tidur adalah musik instrumental, musik akustik dan juga musik indie. Jangan malah mendengarkan musik rock dengan tempo cepat. Selain musik, kalian juga dapat mendengarkan podcast. Carilah podcast dengan genre story telling yang cocok untuk pengantar tidur.

7. Hindari melihat Gadget


Pastikan kalian tidak menggunakan secara terus menerus pada saat kalian ingin tidur. Radiasi dari gadget dapat menghilangkan rasa kantuk serta membuat otak dan mata akan tetap fokus. Untuk mengatasi ini, kalian harus menaruh gadget kalian diluar jangkauan tidur kalian.

8. Berdoa di malam hari

Jika kalian masih tidak bisa tidur, bisa dipastikan kalian sedang mempunyai banyak masalah untuk dipikirkan. Jika Anda beragama Islam, sholat malam dan membaca al-quran bisa menjadi obat tidur yang mujarab. Mengapa? Selain mendapatkan pahala, membaca al-quran membuat hati yang gundah gulana menjadi tenang sehingga bisa cepat tidur.
Oleh karena itu, saat Anda sulit tidur malam, ambil wudhu lalu bacalah Al-Quran. Anda bisa membaca ayat kursi, surah al-ikhlas, atau surah lainnya. Jika memungkinkan, berdzikirlah dan berdoalah setelah membaca al-quran tersebut.

Penutup

Dikutip dari Klikdokter, Jam tidur manusia pada umumnya adalah 7-9 jam. Atau setidaknya tidak kurang dari 6jam per-hari. Jika kalian mulai merasa pola waktu tidur kalian berubah, maka alangkah baiknya kalian memperbaiki pola tidur kalian. Jika terjadi hanya sesekali mungkin dapat dibilang wajar. akan tetapi jika berlanjut secara terus menerus maka akan menyebabkan Insomnia yang parah. Jadi tetap jaga Kesehatan kalian dengan mengatur pola waktu tidur yang cukup.
Jika teman teman mempunyai pengalaman tentang susah tidur silahkan dibagikan ke kolom komentar

Post a Comment

17 Comments

  1. Aku kalau minum kopi kok bisa gak ngantuk ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin minumnya pas siang hari gan, jadinya nggk ngantuk 😁

      Delete
  2. wah nanti coba mandi dg air hangat deh biar bisa tidur nyenyak :D

    ReplyDelete
  3. nah kalo menurut saya sih ada yang susah yaitu hindari gadget,soalnya jaman sekarang dikit-dikit gadget apa lagi anak jaman sekarang gitu.

    ReplyDelete
  4. Saya kadang minum tes khusus tuk tidur.

    Salam Neni

    ReplyDelete
  5. Pengenlah coba yang terapi sebelum tidur. Kadang saya suka suaah tidur sih, itu karena siangnya udah tidur. Eh malamnya malah lambat tidur heuh

    ReplyDelete
  6. Pass, buat saya pribadi yang gabisa langsung tidur haha

    ReplyDelete
  7. Kalau susah tidur saya biasa nenggak parasetamol 2 biji. Opsi kedua ya lanjut begadang aja. Keduanya ini kayaknya jangan ditiru ya hehe 🤗🤗

    ReplyDelete
  8. Nah mantab nih infonya,, saya sering bgt susah tidur malam, padahal pagi sampe sore harus kerja di kantor dan ngeliput jg..

    Ijin borkmark ya
    Tio_iotomagz

    ReplyDelete
  9. Sangat bermanfaat artikel nya mas Fiki ?

    ReplyDelete
  10. Tapi saya kok nggak ngaruh ya gan ... tetap ngantuk ???

    ReplyDelete
  11. Berolah raga di sore hari bisa membuat kita tidur malam dengan cepat dan danah min..

    ReplyDelete
  12. Minun kopi , ini ni yang benar benar bisa bikin mata melek... betul mimin hindari gan kopi

    ReplyDelete
  13. Saya nih susah tidur, efek sering begadang menunggu sahur saat ramadan, sampai sekarang masih terbawa :D makasih tipsnya

    ReplyDelete
  14. Kalo cara saya sih di siang hari jangan tidur dan gimana supaya capek pas siang hari supaya bisa tidur malam dengan lelap

    ReplyDelete
  15. Wah menarik banget nih informasinya.. sangat berguna buat yang insomnia.

    ReplyDelete
  16. Pantesan aja ane sering sulit tidur... Mungkin gara-gara sering main handphone sebelum tidur :v

    ReplyDelete