Cara membuat project besar Arduino sampai berhasil


Arduino merupakan suatu microcontroller yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. sebenarnya ada juga microcontroller lainnya seperti raspberry pi. Selain karena harganya yang lebih terjangkau, Arduino juga mempunyai jaringan pengguna yang sudah sangat banyak. Sudah banyak komunitas-komunitas Arduino mulai dari grup facebook, twitter, dan juga whatsapp. Meskipun jaringan pengguna Arduino sudah sangat banyak, kita juga perlu menambah referensi dan mengasah kreatifitas diri sendiri untuk membuat program Arduino. Karena masing-masing programmer mempunyai caranya tersendiri dalam membuat hingga menyelesaikan sutu project.

Dalam artikel ini akan saya sampaikan mengenai cara membuat project Arduino mulai dari awal hingga selesai. Akan tetapi hal ini juga bergantung pada kemauan kalian masing-masing dalam membuat suatu project. Syarat utama untuk mencapai keberhasilan adalah tidak boleh menyerah di tengah jalan. Namun sebelum kita memulai, kita juga harus menganalisa hambatan dan cara melalui jalan tersebut dengan baik. Pastikan kalian melakukan tahap-tahap cara secara runtut.

Menentukan ide/project yang akan dibuat

Sebelum membuat suatu project, Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan suatu project yang akan dibuat. Setidaknya kalian harus mempunyai gambaran akhir dari alat yang akan dibuat. Untuk project yang akan dibuat bisa dibuat dari project yang sudah ada di internet maupun pengembangan project yang baru. Contoh-contoh project misalnya smart traffic light, Inspection robot, RC mini vehicle dll.

Membuat Sketsa project yang akan dibuat

Setelah ide sudah didapat, maka Langkah selanjutnya adalah membuat sketsa. Putuskan di mana kamu akan menempatkan ide-idemu dan bagaimana caramu mencari alat peraga untuk setiap komponen yang kamu miliki. Misalnya peraga motor dengan menggunakan lampu, peraga lengan pengangkat besi dengan menggunakan servo. Tentukan juga informasi apa yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan proyekmu karena hal ini akan mempermudah proses penelitian. Buatlah garis besar hal-hal yang perlu kamu temukan dalam membuat project arduino. Beberapa simulator juga dapat membantu dalam membuat sketsa ini, misalnya aplikasi Fritzing dan TinkerCad

Coding Sketsa yang telah dibuat

Arduino sangat erat kaitannya dengan coding. Setelah kalian membuat dan merakit sketsa, Langkah selanjutnya adalah membuat codingan dari sketsa anda. jika sudah sampai tahap ini kalian pasti sudah mengetahui cara untuk coding arduino. Pastikan semuanya berjalan sesuai yang diinginkan di awal. Dalam membuat code pada Arduino, teliti merupakan aspek terpenting. 

Mencari material yang dibutuhkan

Setelah sketsa dan coding sudah selesai dibuat, maka Langkah selanjutnya adalah mencari material untuk project yang asli. Material yang dimaksud dalam membuat proyek ini adalah material fisik yang bisa berupa sensor, alat penggerak, casing/frame. Pada saat ini material material bisa dibuat sesuai kreasi kita sendiri misalnya membuat casing dari Acrylic yang dibentuk menggunakan mesin CNC, Membuat rangkaian frame dengan menggunakan 3D printing, bahkan bisa juga membuat dari kertas karton yang dibentuk. Tapi dalam menentukan suatu project juga harus mempertimbangkan beberapa aspek seperti : ketahanan terhadap air, ketahanan menopang berat, ukuran, dll.

Melakukan fabrikasi & perakitan alat

Setelah material telah didapat, Langkah selanjutnya adalah melakukan fabrikasi dan merakit alat. Fabrikasi bisa menjadi tahap paling lama dalam membuat suatu proyek karena fabrikasi tidak bisa dilakukan secara instant dalam 1 malam. Misalnya saja pengelasan dan perakitan. Pastikan kalian mengalokasikan waktu yang cukup untuk melakukan fabrikasi. Karena biasanya proses fabrikasi merupakan proses yang paling lama. apalagi jika harus melakukan design ulang.

Diagram alir proses

Diagram alir proses adalah diagram yang dapat membantu kita dalam membuat suatu project. Mulai dari Start hingga selesai. Pada artikel ini juga akan saya cantumkan diagram alir proses sederhana yang akan memberikan kalian mengenai gambaran pembuatan project. Diagram ini merupakan gambaran umum saja yang perlu disesuaikan dengan project kalian masing-masing.


Post a Comment

2 Comments

  1. Emang bagusnya gitu ya kak, kalo kita memulai project ada baiknya membuat sketsanya dulu biar tergambarkan gitu hehe

    ReplyDelete