5 Tips Memiih laptop untuk pelajar | Catatan Fiki


Pada era ini, Laptop sepertinya merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi pelajar terutama dalam mendukung pembelajaran dengan media e-learning. Laptop pada dasarnya dirangcang untuk seseorang dengan tingkat mobilitas tinggi dan berpindah-pindah tempat dalam melakukan pekerjaan. Maka dari itu laptop sangat dibutuhkan untuk pelajar pada zaman modern ini.

Jika berbicara mengenai pembelian laptop, tidak sedikit orang yang kecewa setelah mereka membeli laptop. Dikarenakan mereka salah pilih dan menjadi korban dari efek marketing. Banyak faktor yang melatar belakangi ini, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan mengenai tips memilih laptop dan pengetahuan teknis mengenai laptop ataupun elektronik.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai tips dan trik memilih laptop baik dalam sisi teknis maupun dalam sisi praktis. Berikut adalah hal hal yang perlu diketahui dalam memilih ataupun membeli laptop.

Persiapkan Budget

Persiapan Budget ini memang salah satu hal yang terpenting dalam menentukan pemilihan laptop yang akan dibeli. Fungsi dari persiapan budget adalah Anda bisa memilih klasifikasi laptop berdasarkan harga. Anda bisa tentukan sendiri mulai dari

  • Laptop 3juta – 5juta
  • Laptop  6juta – laptop 10 juta
  • Laptop diatas 10 jutaan

Ingat, jangan terburu buru dalam memilih laptop bahkan selisih harga yang rendah bisa saja mempunyai perbedaan spesifikasi yang lumayan jauh. Jika anda lebih sabar menabung dan menunggu, maka anda bisa saja mendapatkan jauh lebih baik.


Sesuaikan Spesifikasi dengan kebutuhan

Sebagai calon pembeli, pastikan anda mengetahui kebutuhan anda. Jangan sampai laptop yang anda beli tidak mampu memenuhi kebutuhan anda. Jika spesifikasinya melebihi kebutuhan, maka itu tidak menjadi masalah. Disini saya akan membedakan menjadi beberapa point 
  • Jika laptop yang akan dibeli diperuntukan untuk siswa smp/sma, maka saya rasa anda dapat mempersiapkan laptop dengan spesifikasi standart 3-5 juta dengan estimasi lama pemakaian 3-5 tahun. 
  • Jika laptop yang akan dibeli diperuntukan untuk Mahasiswa, maka terdapat aspek lain yang perlu dilihat, yaitu aplikasi yang akan digunakan. Masing masing jenis mahasiswa mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya mahasiswa design harus dituntut untuk mempunyai laptop yang mampu menjalankan aplikasi design seperti adobe photoshop/illustrator/dll. Mahasiswa teknik mesin dituntut untuk menginstall aplikasi seperti solidwork/autocad/dll. Kriteria mahasiswa ini harus mempunyai spesifikasi laptop diatas aplikasi yang digunakan. Maka prediksi dahulu apa yang anda butuhkan.


Pelajari Spesifikasi teknis dari laptop

Jika anda awam dalam memilih laptop, alangkah baiknya anda mempelajari kriteria spesifikasi dari laptop sebelum anda membelinya. Anda tidak harus mempelajari seluruh komponen laptop yang ada, paling tdak anda mengetahui processor,Kapasitas Memori, Jenis memori yang digunakan dan juga Kapasitas RAM. Jika laptop tersebut mempunyai kemungkinan untuk diupgrade, maka itu akan lebih baik.

Cek Garansi pada laptop

Sebelum melakukan transaksi, alangkah baiknya anda melihat garansi yang diberikan.Jika kalian membeli laptop secara online, Pastikan service centre yang tersedia telah terjangkau oleh anda. Sehingga kalian mudah untuk mengambil garansi jika terdapat kerusakan pada laptop. 

Meminta saran kepada teman anda yang paham mengenai elektronik

Tips ini merupakan tips paling praktis. Tips terakhir dari saya adalah jangan malu untuk meminta saran kepada teman anda. Dan pastikan juga teman anda mengetahui tentang elektronik dan perkembangannya. Jangan hanya percaya kepada satu orang, carilah saran sebanyak banyaknya agar kamu sendiri dapat menentukan pilihan yang terbaik untuk kamu. Jangan meminta saran kepada penjual, karena kebanyakan penjual hanya menyarankan barang dagangannya di tokonya sendiri. 

Post a Comment

2 Comments