English 101 : The way to change your life better

Dalam keseharian kita, saya sangat yakin bahwa kita semua tidak akan luput dengan apa yang Namanya “Bahasa Inggris”. Bahkan bisa dikatakan bahwa bahasa inggris sangatlah dekat dengan kita entah itu sadar maupun tidak sadar. Kita sekarang sudah hidup di era globalisasi, maka kita juga harus beradaptasi dalam hal globalisasi tersebut. dan salah satu cara untuk beradaptasi adalah mempelajari bahasa yang umum digunakan sebagai bahasa internasional, dan itu adalah Bahasa inggris.

 

Learning English : sebuah kewajiban atau kebutuhan?

Banyak masyarakat yang masih belum sadar dan enggan untuk belajar bahasa inggris. Hal ini dapat diakibatkan oleh faktor diri sendiri dan juga faktor lingkungan sekitar. Di Indonesia, Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari bahwa bahasa inggris sangatlah penting. Berdasarkan penghitungan indeks kecakapan bahasa inggris, Indonesia menempati urutan ke 74 dari 100 negara yang disurvey. Untuk meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa inggris, maka kita harus tau bahwa banyak sekali manfaat yang kita peroleh jika kita dapat menguasai bahasa inggris. manfaat tersebut antara lain :

 

1.      Menambah wawasan mengenai dunia

“Dengan menguasai bahasa inggris, maka dunia ini dalam genggamanmu”. Kalimat tersebut seakan tidak bisa dipungkiri karena dengan menguasai bahasa inggris artinya kita telah menguasai bahasa asing yang telah digunakan di Sebagian besar wilayah dunia. bahkan di luar negeri pun mengenalkan beberapa budayanya dengan menggunakan bahasa inggris. sebagai contoh nyata yang sangat dekat dengan kita adalah slogan dari pariwisata Indonesia yaitu Wonderful indonesiayang diambil juga dari bahasa inggris. sebagai contoh lainnya adalah Malaysia Truly asia”, “Japan, Endless discovery”, dll

 


Selain dari sektor pariwisata, banyak juga literatur dan rujukan keilmuan yang lebih lengkap di jurnal internasional yang juga menggunakan bahasa inggris. pada saat saya masih duduk di bangku perkuliahan, dan kebetulan juga saya mengambil jurusan Teknik mesin, maka sangat penting bagi saya untuk menguasai bahasa inggris karena dalam standart Teknik mesin mengacu pada standart internasional yang digunakan oleh beberapa negara sekaligus.

 

 

2.      Membuat relasi dengan penduduk mancanegara

Apakah kalian masih ingat dengan Fiki Naki? Youtuber yang terkenal karena kelancarannya berkomunikasi dengan penduduk luar negeri. Nah pastinya kita juga ingin membuat relasi dengan penduduk luar negeri untuk saling berbagi pengalaman baru dan bertukar budaya masing-masing.

 

Saya juga mempunyai teman perempuan yang berasal dari Chile, Nama panggilannya adalah Noe. Bisa dibilang kami sering bertukar kabar walaupun kami mempunyai perbedaan waktu 12 jam. Dia sering bercerita mengenai masa-masa perkuliahannya yang masih dia tempuh. Dan begitupun aku menceritakan tentang hari-hariku. Meskipun bahasa sehari-hari Noe adalah bahasa Spanyol, tapi kami berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris. mempunyai teman dari luar negeri membuat saya merasa senang karena saya dapat merasakan hal-hal baru yang dirasakan oleh teman saya.

 

3.      Tidak merasa kebingungan saat berkeliling dunia

Berpindah ke negara lain artinya kita harus juga dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan tersebut. baik itu dalam hal traveling ke destinasi wisata, maupun dinas dalam urusan pekerjaan.

 

Akhir-akhir ini di tempat saya bekerja telah kedatangan tamu dari Itali untuk mengerjakan suatu project. Beliau adalah orang yang sangat ramah dan mempunyai pengalaman bekerja lebih dari 40 tahun (bisa dibilang sudah tua sih :D). pada saat waktu sedang senggang, beliau bercerita dan memberi saran kepada saya “listen young man!, if you want to go around the world, you must learning English well. Cause if you don’t, you will just being nothing and feeling confuse”. Dari hal itulah yang menjadi salah satu motivasi saya untuk memperlancar bahasa inggris saya.

 

4.      Mempermudah untuk mendapatkan pekerjaan

Pada era serba canggih saat ini pastinya menuntut kita menjadi individu yang lebih kompetitif, Apalagi dalam hal mencari pekerjaan. Bahkan dalam lowongan pekerjaan seringkali tertulis batas nilai TOEFL, TOEIC, IELTS sebagai syarat lolosnya tahap administrasi dalam melamar pekerjaan. Dan terkadang ada juga kalimat “menguasai bahasa inggris merupakan nilai tambah”.

 


Selain memudahkan mendapatkan pekerjaan, dengan bahasa inggris juga dapat mempercepat jenjang karir dalam pekerjaan kita. Kita akan lebih diperhitungkan untuk menempati posisi yang lebih tinggi dalam suatu perusahaan.  

 

5.      Meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi

“Whatsupp, gimana kabar kalian?”, “Definitely, aku sih yes!”, “anyway, aku ada meeting mendadak nih”, “See you, have a nice dream”.

Penggunaan bahasa inggris dalam keseharian membuat kita terlihat lebih percaya diri dan terlihat tidak kaku dalam berkomunikasi. Bisa kita lihat beberapa youtuber terkenal yang biasanya menyelipkan bahasa inggris dalam video mereka adalah Agung Hapsah, Fathia Izzati, dan juga SkinnyIndonesia24. Dan ada juga Skinnyfabs dengan aksen britishnya sebagai personal branding di videonya. Kecakapan dalam berbicara bahasa inggris menjadikan mereka mempunyai nilai keunikan untuk penontonnya.

 


Seperti yang dijelaskan dalam 5 poin di atas, Entah keterpaksaan ataupun passion, dalam era globalisasi atau bahkan era generasi Z, Bahasa inggris merupakan sebuah Kebutuhan untuk kita agar bisa survive dalam menghadapi persaingan dunia Internasional.

 

Tips untuk menguasai bahasa inggris

Mempelajari bahasa inggris memang memerlukan suatu effort. Namun kita juga dapat memvariasikan dan membuat proses belajar bahasa inggris kita menjadi mudah dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips untuk kita agar dapat lebih mudah belajar bahasa inggris.

 

1.      Belajar bahasa inggris mulai dari Game

Sejauh ini, saya sadari bahwa pertama kali saya belajar bahasa inggris berawal dari game playstation 2 pada saat saya kecil. Dulu game yang saya mainkan kebanyakan menggunakan bahasa inggris, mulai dari Harvestmoon, Digimon, Dragonball, Naruto, dll. Nahh.. karena game yang saya maikan adalah game petualangan, maka saya harus tau jalan ceritanya untuk dapat menamatkannya. Dan disitulah minat saya untuk menerjemahkan satu-per-satu kata yang menggunakan bahasa inggris. Saat kita sudah terbiasa bermain game dengan bahasa inggris, maka seharusnya kita juga harus lebih pede mencobanya di dunia nyata

 

 

2.      Menonton Film

Menonton film merupakan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan saat kita sedang mempunyai waktu luang. Nahh kita juga dapat melihat peluang untuk belajar bahasa inggris pada saat kita menonton film. Dan disini saya sudah mengklasifikasikan cara belajar melalui menonton film

·       Beginner : Menonton film apapun dengan subtitle bahasa inggris (film Indonesia, Film barat, Anime, dll)

·        Intermediate : Menonton film berbahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris

·        Advance : Menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle

Nahhh jika kebiasaan ini kita terapkan, maka lama kelamaan kita akan terbiasa dengan mendengarkan percakapan bahasa inggris. hal ini juga dapat melatih respon kita dalam berbahasa inggris.

 

3.      Mengikuti Komunitas dan kursus bahasa inggris

Hal terpenting adalah menemukan orang-orang yang mempunyai passion yang sama (belajar bahasa inggris). menemukan orang yan tepat dapat membuat kita lebih nyaman dan lebih terarah dalam menggapai tujuan. Dalam mempelajari bahasa ingggris, alangkah baiknya kita mempunyai guru pembimbing dan teman seperjuangan dalam belajar Bersama.

 

Salah satu yang membuat kursus bahasa inggris menjadi sangat penting adalah karena kursus bahasa inggris biasanya sudah mempunyai kurikulum tertentu yang dapat disesuaikan dengan para murid. Salah satu rekomendasi kursus bahasa inggris terpercaya dan terbukti membantu para muridnya adalah ICAN English yang merupakan Lembaga kursus bahasa inggris yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ican Education juga sering membuat event-event webinar yang berkaitan dengan belajar bahasa inggris.

Begitulah 3 tips untuk kita agar dapat belajar bahasa inggris dengan lebih menyenangkan, dan untuk mendapatkan hasil yang signifikan, maka saya merekomendasikan untuk melakukan tips yang ke-3 yaitu mengikuti komunitas bahasa inggris dan mengikuti kursus bahasa inggris.

 

 

Mengapa ICAN English ?

ICAN English adalah bagian dari ICAN Education Consultant yang berfokus sebagai Lembaga penyedia kursus bahasa inggris. ICan English mempunyai banyak program yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan kita. Mulai dari pelatihan TOEFL, IELTS, Pearson Test of English (PTE), bahkan juga General English.

 


Kurikulum pengajarannya juga merupakan standart kurikulum Cambridge University untuk IELTS dan juga menggunakan sistem penilaian ETS untuk tes TOEFL. Dan untuk mengetahui perkembangan dari para murid, ICAN English juga mengadakan tes rutin yang akan merepresentasikan perkembangan dari para murid.

 

Kita juga tidak perlu lagi bingung untuk belajar di ICAN English karena ICAN English sudah terdapat di beberapa kota seperti Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Yogyakarta, Balikpapan, dan Kalimantan Timur. Dan untuk kegiatan pembelajarannya, ICAN English juga menyiapkan beberapa fasilitas untuk para murid. Dan juga untuk para siswa yang ingin belajar dari rumah, ICAN English menyediakan Program Kursus Berbasis Online. Program ini dirancang agar para siswa tetap mendapatkan materi pengajaran yang lengkap, walaupun berada di rumah.


ICAN english juga aktif dalam mengadakan event-event menarik, dalam waktu dekat ini, event yang diadakan adalah "The biggest International Education Expo 2021" yang akan dihadiri oleh lebih dari 50 universitas. pastikan kalian tidak terlewat untuk mengikuti eventnya ya. klik banner di bawah untuk pendaftaran eventnya

 


Post a Comment

0 Comments