LNG Academy | Energi Muda Pembangun Bangsa

Hai, selamat datang di blog saya fiwahyu.blogspot.com. pertama, izinkan saya memperkenalkan diri. pada saat artikel ini ditulis, saya adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang berkuliah di LNG Academy. LNG academy merupakan beasiswa penuh oleh PT Badak LNG yang bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta. Kali ini saya akan sedikit bercerita mengenai LNG Academy dan pengalaman selama saya berkuliah di LNG Academy.


Apa itu LNG Academy ?

LNG Academy adalah sebuah perguruan tinggi berbasis akademi yang berlokasi di kompleks Badak LNG, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. LNG Academy adalah perguruan tinggi program Ahli Madya dengan beasiswa penuh oleh PT Badak LNG yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta. Program ini dibentuk dengan tujuan untuk menunjukkan kontribusi PT Badak LNG dalam upaya meningkatkan pendidikan yang ada di Indonesia.



Apakah LNG academy tidak memungut biaya apapun? 

LNG Academy tidak pernah memungut biaya apapun. malah kami mendapatkan fasilitas-fasilitas yang saya rasa lebih dari cukup. Mulai dari Uang saku, Akomodasi tempat tinggal, Buku pembelajaran, Seragam, dll. Bahkan kalian bisa saja menyisihkan uang saku untuk dikirim kepada orang tua untuk meringankan beban orang tua. bahkan pada saat tes tidak memungut biaya apapun.


Apa saja Jurusan yang ada di LNG Academy?

Sebagai program kerjasama, LNG Academy hanya terdiri dari 1 fakultas yaitu Fakultas Teknik Mesin dengan Prodi Teknik Konversi Energi. Dibawah prodi, LNG academy juga mempunyai 3 peminatan yaitu Mechanical&Rotating, Electrical&Instrumentation, dan Gas Processing. Pada saat semester 1 dan 2, mahasiswa LNG Academy akan belajar mengenai pelajaran umum misalnya fisika dasar, kimia dasar, matematika, dll. Sedangkan pada saat semester 3, mahasiswa akan mulai diarahkan untuk memilih salah satu peminatan. ini seperti siswa SMA yang memilih jurusan IPA/IPS/Bahasa sih kalau menurutku. Dan akhirnya aku memilih peminatan Listrik & Instrumentasi.
Jika dijelaskan lebih lanjut, Masing-masing peminatan mempunyai porsi pelajaran sendiri. Misalnya : Mechanical & Rotating lebih mengarah ke Teknik Mesin, Electrical & Instrumentation lebih mengarah pada Teknik Elektro + Teknik Fisika, Sedangan pengolahan Gas Lebih mengarah pada Teknik Kimia.
Meskipun peminatan yang ada di LNG Acedemy mempunyai dasar pembelajaran yang berbeda-beda, tapi kami tetap saja peminatan tersebut berada dibawah Fakultas Teknik Mesin dengan ijazah kelulusan Teknik Mesin PNJ.



Bagaimana metode pembelajaran di LNG Academy?

Dikarenakan LNG Academy merupakan program kerjasama antara PT Badak LNG dengan Politeknik Negeri Jakarta, maka Mahasiswa LNG Academy akan menempuh pendidikan di Jakarta dan di Bontang. Pada saat di Jakarta, mahasiswa akan berkuliah di Kampus Politeknik Negeri Jakarta yang akan dididik oleh dosen pengajar dari Politeknik Negeri Jakarta. Lama waktu pendidikan di PNJ berbeda-beda tergantung dari kebijakan pemerintah. Pada saat pertama - angkatanku yaitu angkatan 7 (2017), kami hanya menempuh pendidikan selama 2 bulan di PNJ setelah itu kami pergi ke Bontang untuk melanjutkan sisa pendidikan di Bontang. Sedangkan untuk adik kelas saya angkatan 8 (2018), mereka menempuh pendidikan selama 1 semseter di PNJ. Dan untuk angkatan 9 (2019) mereka harus menempuh pendidikan selama 2 semester di PNJ. Setelah melewati masa pendidikan di Jakarta, maka kami harus melanjutkan pendidikan di PT Badak LNG Bontang. Oiya, kalian juga bisa melihat pengalaman dari salah satu adik kelas saya angkatan 9 di website pribadinya adifani.net



Kenapa memilih LNG Academy? 

Pertanyaan yang paling umum ditanyakan kepada saya, “Kenapa di LNG Academy, kuliahnya kan jauh di Kalimantan?”,”Kenapa harus jauh-jauh kuliahnya?”,”Kenapa nggak di **** saja dekat rumah?”,”dll”. Saya asumsikan saja mereka yang menanyakan hal itu masih belum mengetahui tentang LNG Academy. Alasan saya memilih LNG Academy ya karena jelas ini adalah beasiswa Penuh. Saya juga makin yakin bahwa ini memang bukan sembarang beasiswa. Mulai dari Tes awal, saya sudah mulai tertarik dengan LNG Academy. Psikotes pada tahun saya diadakan di Four points by sheraton Hotel di daerah Surabaya. Dan pada saat itu kami dilayani dengan sangat baik oleh panitia. Dan kagetnya, setelah melakukan Psikotes kami diberi uang untuk akomodasi transportasi kami. Bayangkan saja, ini kami yang tes malah dibayar. Dan penggantian uang akomodasi akan berlanjut hingga tes terakhir apabila lolos. Apalagi ini relevan dengan cita-cita saya yang ingin menjadi ahli dalam bidang industri khususnya migas. Jika ditanya mengenai lokasi yang jauh, saya rasa saya siap untuk merantau. Motivasi terbesar saya untuk menempuh pendidikan adalah karena saya merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Daripada orang tua saya harus mengeluarkan uang yang banyak untuk biaya perkuliahan saya, lebih baik uang tersebut digunakan untuk adik-adik saya.



Bagaimana Alur Pendaftaran LNG Academy?

Untuk sekarang, LNG Academy membuka pendaftaran angkatan 10. Dikarenakan setiap tahun mempunyai tatacara yang berbeda, maka saya tidak berani menjelaskan mengenai alur pendaftaran angkatan 10. Mengingat juga ada fenomena covid-19 yang membuat pemerintah menghapuskan Ujian Nasional. Untuk lebih amannya, kalian bisa cek sosial media resmi dari LNG Academy yang akan saya cantumkan di bawah. Jadi, pantau terus instagram dari LNG Academy.

View this post on Instagram

ANNOUNCEMENT‼️ Hallo adik-adik SMA/MA sederajat.. 📜 ________________________________________________ ⬇️⬇️⬇️ Pendaftaran Berkas Administrasi sudah ‘DIBUKA’. Tanggal 1 - 28 Mei 2020 ‹› Jadi buat yang belum daftar, ayo segera daftarkan diri kalian ☺️✨ LINK PENDAFTARAN TERTERA DI BIO 🙌 ___ Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan prosedur pendaftarannya, bisa langsung kunjungi website resmi dan akun social media LNG Academy berikut ini ☟☟ 📍Website : ❶ portal.badaklng.co.id/internet/lngacademy ❷ lngacademy.weebly.com 📍Instagram : @lngacademy 📍Twitter : @lngacademy 📍Facebook : LNG Academy 📍Line: @sxu2224k 📍Call/Messages: 089-639-038-045 ___ #SalamEnergiMudaPembangunBangsa #PMBLNGAcademy2020 #PMB2020 #infobeasiswa #beasiswafull #fullscholarship
A post shared by LNG Academy (@lngacademy) on
Sekian cerita dan penjelasan saya mengenai LNG Academy. jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tambahkan di kolom komentar saja :).


Cukup berikhtiar dan berdoa supaya ditempatkan di jalan yang terbaik. tidak perlu kecewa apalagi berputus asa.

Post a Comment

0 Comments