Rekomendasi aplikasi mencari kerja masa kini untuk millenial | Fikipedia


Fikipedia – Dewasa ini, mencari pekerjaan tidak lagi harus datang dan membawa formulir ke suatu pabrik secara langsung. Mencari pekerjaan juga dapat dilakukan secara online sehingga kita dapat lebih effisien dalam mencari ataupun melamar suatu pekerjaan. Pastinya dalam proses mencari pekerjaan kita dituntut untuk rajin melihat peluang dan selalu up-to-date. Di era teknologi modern ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online, baik dipublikasikan di website resmi mereka ataupun di platform jobseeker terpercaya. Agar kalian dapat mamaksimalkan waktu kalian dalam mencari pekerjaan, berikut adalah 6 rekomendasi aplikasi pencari kerja yang sudah terpercaya.

1. LinkedIn

LinkedIn merupakan aplikasi yang sangat familiar bagi anak muda sekarang, tidak hanya menjadi platform bagi para pemburu kerja namun aplikasi ini sudah layaknya sebagai media social. Kalian bisa menemukan dan membagikan informasi pada postingan kalian. Pada aplikasi ini kalian bisa connect ke berbagai para perusahan-perusahan yang kalian inginkan. LinkedIn bisa dikatakan sebagai CV online yang bisa diakses banyak orang. LinkedIn akan meminta kita mengisi biodata secara lengkap, lalu dilanjutkan dengan mengisi riwayat pekerjaan, prestasi, dan pencapaian karir, juga daftar skill yang kita kuasai. Tulis selengkap-lekapnya dan semenarik mungkin agar perusahan banyak yang melirik kalian dan akhirnya meminang kalian. 

2. Jobstreet

Untuk aplikasi yang kedua adalah JobStreet, Jobstreet merupakan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. Mereka berperan sebagai fasilitator antara pencari kerja dan perusahaan khususnya di Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura. Jobstreet memiliki fitur mobile notification yang memungkinkan kamu para pencari kerja untuk mendapatkan notifikasi terbaru melalui email jika ada lamaran serupa yang dibuka. CV-mu pun bisa kamu upload langsung di aplikasi ini. Dengan fitur mobile notification, JobStreet akan mengirim notifikasi lowongan kerja terbaru melalui email dan kamu pun bisa langsung mengirim lamaran melalui smartphone. 

3. Jobs DB

Jobs DB merupakan platform penghubung antara pencari kerja dan perusahaan. Jobs DB berbasis web dan juga terdapat dalam versi mobile app. JobsDB menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang dapat disortir berdasarkan fungsi pekerjaan, lokasi pekerjaan, dan juga industry pada suatu pekerjaan. Platform ini juga memungkinkan user mendapatkan undangan pekerjaan apabila suatu perusahaan tertarik pada CV pencari kerja. Jika kalian mendapat tawaran pekerjaan, maka tawaran tersebut akan muncul pada dashboard user.

4. Kalibrr

Aplikasi selanjutnya adalah Kalibrr, Kalibrr menjadi salah satu pemain baru asal Filipina yang sudah banyak digandrungi para pencari kerja. Dengan Kalibrr kalian bisa menggunakan fitur ‘saved’ untuk memudahkan kalian yang ingin menyimpan informasi tentang salah satu lowongan, mana tahu perlu atau ingin dilihat lagi sewaktu-waktu.
Salah satu kelebihannya adalah fitur “Saved” di mana kita bisa menyimpan informasi tentang sebuah lowongan pekerjaan dengan mudah dan bisa dilihat lagi sewaktu-waktu. Bila ada pekerjaan yang tidak kamu minati, kamu tinggal menggeser layar ke kiri untuk menghapusnya dari daftarmu. Untuk yang mencari kerja dalam waktu singkat, cari perusahaan yang memiliki ikon petir yang artinya perusahaan itu dinilai responsif dan cepat dalam menanggapi para pelamar.   

5. Job Google

Bahkan baru-baru ini google telah menambah fitur pembaruan mereka sehingga dapat mencari lowongan pekerjaan. Cupuk dengan menulis “Lowongan pekerjaan” pada kolom search, maka google akan menampilkan daftar pekerjaan pada bagian atas. Klik saja menu tersebut untuk masuk pada laman job google. Untuk fitur ini google akan membaca lokasi kita dan merekomendasikan pekerjaan yang ada di sekitar kita terlebih dahulu. Kelebihan lainnya dari job google ini adalah menyediakan informasi yang sangat banyak karena seluruh lowongan pekerjaan dirangkum dari beberapa website. Oleh karena itu kita harus selalu selektif dalam menyaring informasinya. Pastikan di website resmi perusahaannya atau hubungi Contact personnya untuk memastikan informasi yang valid.

6. Jobs.id

Jobs.id adalah portal kerja online yang menyediakan info lowongan kerja dan opsi karier dari berbagai ranah industri yang mencakup bidang finansial dan perbankan, informasi teknologi (IT) dan telekomunikasi, hingga bidang media dan periklanan, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, di Jobs.id, selain perusahaan menyediakan langsung info lowongan kerja dengan deskripsi dan kualifikasi individu yang dicari, pengguna laman Jobs.id juga dapat melampirkan profil yang akan menjadi panduan pencarian bagi perusahaan yang sedang merekrut tenaga kerja. Keunggulan dari Jobs.id adalah sudah bekerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. 

Hal penting yang harus diperhatikan dalam mencari lowongan pekerjaan secara online

Pada saat kalian mencari informasi, pastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya. Jangan sampai kalian tertipu pada lowongan palsu yang mengatasnamakan suatu perusahaan. Bahkan jika kalian sudah menemukan informasi melalui platform terpercacya, kalian harus selalu cek informasi tersebut di website resmi perusahaan atau menghubungi call centre perusahaan tersebut.

Post a Comment

0 Comments